Selasa, 28 Agustus 2012

Bagi2 tips merawat koleksi kaset lama

Tiba 2 pengen ngomongin beginian, kaset2 lama gw udah pada numpuk,dan beberapa bulan ini udah ngga dapet pasokan baru karena tempat langganan udah pada pindah karena jadi bantaran BUSWAY atau emang pindah tempat ? ngga taulah.

Sejak Tukang kaset langganan yg suka kerumah udah pulang kampooong, sekarang kalo nyari “barang” rada males suka ngga dapat yg di mauin hehehehe,,,,

Sekarang gw tinggal ngerawat koleksi gw aja, dari di elap2 tuh cover kaset sampe rolling pita nya supaya ngga jamuran. Terkadang ganti busa tapi sering males bongkar, gw tambel aja pake tisu dibasahin diatas busa gunanya supaya ngga mendem aja.

 Mungkin ini Cuma berbagi kebiasaan aja, kalo dulu kata orang supaya kaset ngga mendem taruh di kulkas dan pita yg melar bisa ngga terlalu ngayun. Ini pernah gw coba dan bener , ada beberapa kasus kaset yg ngga bisa jernih lagi walau tetep di taruh di kulkas karena busa kaset yg udah terlalu kotor biasa nya gw ganti atau gw balik aja busa nya, tapi itu harus bongkar rumah kaset nya. Bagi yg males bongkar rumah kaset [dan ini sering gw lakuin] biasanya gw basahin busa kaset atau gw lapisin tisu agak basah yg lembut diatas busa, dan alhasil kaset jadi lebih bening dari sebelum nya.
Atau yg mau bongkar rumah kaset tapi salah satu MUR ngga bisa dibuka ? hal yg biasa gw lakuin adalah rumah kaset [ yg mur nya ngga bisa dibuka] di ganjel pake obeng Min (-) dan sedikit di dorong keatas sambil diputer mur-nya pake obeng yg lain .
 
Dan ada satu kendala yg gw ngga bisa ngatasi nya  ! kalo kaset nya kusut dan gerindil2 biasa nya suara yg dihasilkan udah ngga bagus.. ada yg tau cara benerin nya ?
 
Dan ini sangat penting ! jangan taruh koleksi kaset kita deket2 sama magnet atau besi berani bisa bahayaaaAAaa pake echooo….karena eh karena suara dalam kaset bisa ilang hehehe..dan jgn dilakukan juga di rumah koleksi kaset di taruh di jendela sebab banyak yg incer koleksi kaset lama termasuk gw whahahaha preet :D

Semoga lucuuu,, kalo ada yg mau kasih masukan soal merawat kaset silahkannn…….tulis dibawah ini.

Original Post : Jun 13, '07 12:19 PM

babikecap wrote on Jun 13, '07
Aku nggak akan bisa melakukannya :D
nizary wrote on Jun 13, '07
itu masukin ke kulkas (kulkasnya atau freezernya) berapa lama?
barbadoshe wrote on Jun 13, '07
wadoh dul gwe ga ngerti itu kaset koq make busa yah, kyk BH gwe aje make ganjelan busa //bedakan
jamesdoel wrote on Jun 13, '07, edited on Jun 13, '07
masukin ke freezer nya paling lama 1 - 3 jam [kalo busa kaset udah kliatan basah] kalo lupa seharian juga ngga apa2 tapi kasian nanti penyanyi nya kedinginan ntar flu suara nya sengau :p...emang lu pake BH Bar ? bukannya udah kagak ?
barbadoshe wrote on Jun 13, '07
skr sih make, tp klo gwe mandi emang kgk gwe pake. Tp seinget gwe lu jg hobby make BH renda dul
falsettoholic wrote on Jun 13, '07
masalahnya sekarang aku ndak punya cassete player, jadi ndak tahu kaset2ku masih bersuara ato ndak...? :(
jamesdoel wrote on Jun 13, '07, edited on Jun 13, '07
oper ke gw aja Fik ? hehehehe gw ada player nya 2 compo :D // ya Bar itu juga pemberian dari lu ,,, baca puisi bertiga.
j0y0 wrote on Jun 13, '07
Beli mas Syafiq,.. masak sudah jadi juragan gak bisa beli casette....:)
Dulu waktu SD, casette-ku yang grindil-grindil tak potong, tak sambung pake selotipe,.. lagunya jadi loncat-loncat,... kalau masang pita-nya kebalik nyanyinya jadi nggremeng,
Sekarang jadi nyesel, beberapa koleksi IF-ku jadi korban praktek gagal ini,....:(
falsettoholic wrote on Jun 13, '07
Iya ya, mesti beli. mungkin sudah dimanjakan dg teknologi digital jadinya ini...
jonnyherbart wrote on Jan 8, '08
trims infonya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar